Others

Saran Pemberian Makanan Untuk Kucing Peliharaan Anda

Saran Pemberian Makanan Untuk Kucing Peliharaan Anda

Protein merupakan salah satu komponen makanan yang wajib ada dalam nutrisi harian kucing. Protein dalam kadar tinggi akan menunjang kebutuhan energi dan pembentukan sel dalam diri kucing tersebut. Hal ini dikarenakan peran protein dalam tubuh makhluk hidup sebagai zat pembangun. Selain itu, sejatinya kucing merupakan hewan pemakan daging. Sehingga keberadaan protein yang tinggi diharuskan dalam kebutuhan harian mereka.

Memberikan makanan yang kaya akan protein sangat disarankan untuk kucing. Dimana makanan seperti nasi yang kaya akan karbohidrat kurang disukai kucing dan mendukung nutrisi harian mereka. Hal ini dimaksudkan jika anda memiliki hewan peliharaan kucing maka sebaiknya memberikan makanan kaya akan protein seperti ikan, keju, dan sejenisnya. Dimana beragam nutrisi tersebut sangat disukai oleh kucing.

Beberapa masyarakat modern yang menyukai kucing dan memelihara mereka cenderung memberikan makanan siap saji dalam bentuk kemasan kepada kucing mereka. Hal ini dikarenakan makanan kucing dalam bentuk kemasan siap saji telah memenuhi segala nutrisi yang dibutuhkan kucing dan sangat praktis untuk disajikan. Makanan kucing dalam kemasan yang diproduksi oleh beberapa brand makanan kucing siap saji memiliki dua jenis makanan yakni makanan kucing dalam bentuk basah dan kering. Dimana masyarakat cenderung memberikan makanan kucing dalam bentuk kering kepada peliharaan mereka.

Makanan kucing dalam bentuk kering akan menyehatkan mulut dan gigi kucing. Dimana mulut kucing akan terhindar di plak yang kerap timbul dalam rongga mulut kucing tersebut. Selain itu, makanan kucing dalam bentuk kering memiliki daya simpan yang lama dibandingkan dengan makanan kucing dalam bentuk basah. Hal ini menjadikan makanan kucing tipe ini sangat disukai masyarakat. Terlebih harga makanan kucing dalam bentuk kering juga lebih terjangkau dibandingkan dengan makanan kucing dalam bentuk basah.

Pemberian makanan kucing memang hendaknya diberikan bergantian antara makanan basah dan makanan kering. Pemberian makanan basah kepada kucing didasarkan pada kondisi kucing yang membutuhkan banyak air ataupun kondisi kucing yang kesulitan mencerna makanan. Makanan kucing dalam bentuk basah akan membantu kucing dalam kondisi tersebut. Terutama pada masa pertumbuhan anak kucing yang masih kesulitan mencerna makanan mereka.

Pemberian makanan kucing kepada anak kucing dianjurkan pada usia anak kucing 4 minggu. Dimana pada usia tersebut, anak kucing sudah memiliki pencernaan yang cukup baik. Pengenalan makanan kucing dapat diberikan dengan memberikan makanan dalam bentuk basah. Jika dirasa anak kucing sudah baik dalam mencerna makanan mereka maka ada baiknya anda memberikan makanan kering pada usia beberapa bulan setelahnya atau satu tahun ke atas. Apabila ada masalah selama mengkonsumsi makanan kucing siap saji, maka segera membawa kucing anda ke dokter hewan.