Others

Mengenal Jenis Kopi Luwak Asli Indonesia

Mengenal Jenis Kopi Luwak Asli Indonesia

Minat konsumen menunjukkan bahwa kopi robusta dan arabika dari Indonesia cukup tinggi, meskipun ada jenis kopi liberika yang mulai jarang ditanam. Jika kopi robusta lebih cepat panen, maka kopi arabika butuh waktu lebih lama sekitar satu tahun. Tak heran kalau kopi nusantara hanya menghasilkan produksi arabica sebesar 17 persen saja, sedangkan kopi robusta mendominasi hingga 83 persen dari total produksi tahunan.

5 fakta tentang kopi luwak Indonesia

Kopi luwak sebenarnya bukan jenis kopi yang berbeda, hanya memiliki sistem pengumpulan dan pengolahan yang berbeda saja. Sebenarnya kopi luwak menggunakan biji kopi jenis arabika yang memiliki citarasa lebih asam, tetapi tidak sepahit kopi robusta. Supaya Anda lebih kenal dengan kopi luwak, maka simak beberapa fakta berikut :

1.  Penemuan kopi luwak pertama

Sebenarnya kopi merupakan komoditas utama sejak masa kolonial yang mewajibkan tanam paksa. Masyarakat kelas bawah yang ingin mencicipi kopi menemukan biji dari feses luwak yang tidak tercerna dengan baik, mulai membersihkan dan mengolahnya menjadi kopi yang memiliki rasa berbeda.

2.  Terbuat dari biji kopi berkualitas

Hal yang membuat citarasa kopi luwak berbeda karena terbuat dari biji kopi paling berkualitas. Luwak atau musang dikenal sebagai hewan yang memilih makanan dari buah terbaik. Kopi yang dipilih merupakan kopi arabika yang berwarna kemerahan dan paling bagus. Kemampuan luwak dalam memilih kopi terbaik ini membuat citarasa benar-benar berkualitas.

3.  Proses yang lebih lama

Proses pengolahan kopi luwak sangat lama sebab buah kopi harus masuk ke dalam sistem pencernaan sang hewan. Luwak akan memilah kopi terbaik dan mengonsumsi kulit ari serta dagingnya saja. Biji kopi akan keluar dari feses, lalu dibersihkan menggunakan air mengalir sampai benar-benar bersih bisa mencapai 5-7 kali pencucian, lho! Selanjutnya kopi dikeringkan, dipanggang, dikemas, dan dijual dalam bentuk bijian atau bubuk yang praktis.

4.  Harga kopi luwak

Anda wajib tahu bahwa harga ikon kopi nusantara bisa mencapai jutaan rupiah di negeri sendiri. Bisa bayangkan sendiri bagaimana harga kopi luwak di luar negeri yang mematok bandrol ratusan ribu hingga jutaan per cangkirnya saja. Wah, mahal sekali, ya?

5.  Memiliki khasiat yang bagus

Kopi luwak dikenal sebagai kopi yang aman dikonsumsi oleh penikmat kopi yang memiliki masalah lambung. Khasiat dari kopi luwak juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan seperti mengandung antioksidan cukup tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran kalau kopi luwak banyak diminati penggemar di Indonesia hingga mancanegara.

Beberapa fakta tentang kopi luwak di atas bisa menjadi tambahan wawasan Anda tentang keunikan kopi nusantara. Menikmati secangkir kopi luwak dengan bandrol harga selangit, sah-sah saja. Apakah Anda tertarik membeli kopi luwak dalam bentuk bijian atau bubuk yang lebih praktis?