Kesehatan

Lebih Perlu Mana: Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan?

Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan

Ada berbagai jenis asuransi yang ada di Indonesia. Namun, produk asuransi dasar yang paling penting adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Keduanya penting karena mengcover risiko yang tergolong “tidak terelakkan” karena setiap orang pasti pernah mengalami sakit dan pasti akan mengalami kematian.

Namun, tidak banyak orang yang mengerti perbedaan di antara keduanya. Walau sama-sama penting, keduanya memenuhi kebutuhan yang berbeda. Jadi, jenis asuransi mana sih yang kamu lebih butuhkan saat ini?

Yuk, simak artikelnya!

Pengertian Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang melindungi kamu dari risiko finansial akibat kematian. Biasanya manfaat diberikan kepada Ahli Waris (keluarga yang ditinggalkan) berupa Uang Pertanggungan, yaitu Sejumlah Nominal uang yang diberikan kepada ahli waris ketika pihak yang diasuransikan meninggal dunia Di dalam masa pertanggungan asuransi.

sementara itu, asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang melindungi kamu dari risiko  finansial Ketika kamu jatuh sakit. biasanya manfaat diberikan langsung kepada pasien yang sakit sebagai pihak yang diasuransikan. Manfaat asuransi kesehatan pun berbagai macam dengan sistem klaim yang berbeda-beda.

Ada beberapa asuransi yang hanya mengcover resiko rawat jalan, rawat inap, atau keduanya. Karena itu, pastikan kamu mengecek kembali polis asuransi kesehatan kamu untuk memastikan bahwa manfaat yang kamu terima sudah sesuai kebutuhan kamu.

Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Ada 3 perbedaan utama antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yaitu risiko yang dilindungi, manfaat yang kamu dapat sebagai tertanggung, serta sistem klaim asuransi.

1. Risiko Finansial yang Terlindungi

Asuransi jiwa melindungi kamu dari resiko finansial dari kematian. karena itu, pada umumnya asuransi jiwa lebih dibutuhkan bagi mereka yang menjadi pencari nafkah utama dari keluarga.  dengan begitu, anggota keluarga yang ditinggalkan pun tetap bisa bertahan hidup walau  pencari nafkah mengalami risiko kematian.

Sementara itu, asuransi kesehatan membantu kamu membayar biaya-biaya kesehatan ketika kamu jatuh sakit. dengan begitu, dana yang kamu sudah kumpulkan tidak habis karena biaya kesehatan mendadak.

2. Manfaat yang Kamu Terima

Dalam kasus asuransi jiwa, kamu tidak merasakan manfaatnya secara langsung sebagai tertanggung. manfaat pun akan dirasakan kan oleh ahli waris atau keluarga yang kamu tinggalkan ketika kamu mengalami resiko kematian. karena itu, manfaat pun biasanya mempunyai nominal dengan jumlah yang besar untuk memastikan keluarga kamu tetap bisa bertahan hidup walau kamu sebagai pencari nafkah utama sudah tidak ada.

Berbeda halnya dengan asuransi kesehatan, dimana manfaatnya berupa penggantian biaya kesehatan sesuai dengan tagihan rumah sakit atau berupa santunan harian. Karena itu, manfaatnya pun bervariasi tergantung dari tagihan rumah sakit atau berapa lamanya kamu menjalani rawat inap. Biasanya manfaat pun sudah meng-cover biaya layanan kesehatan, seperti biaya konsultasi dokter, obat-obatan, biaya pembedahan, dan biaya pengecekan lab.

3. Sistem Klaim

Asuransi jiwa pada umumnya memakai sistem klaim reimburse. Ini berarti kamu perlu mengajukan klaim dan mengumpulkan dokumen-dokumen seperti akta kematian, surat keterangan  dokter, surat keterangan  polisi ketika kematian disebabkan oleh kecelakaan, dan dokumen lainnya yang mungkin diperlukan.  jika klaim kamu sudah disetujui oleh pihak perusahaan asuransi, maka ahli waris pun akan diberikan uang pertanggungan sesuai yang tertulis pada polis asuransi.

 asuransi kesehatan pun memiliki sistem yang sama berupa  klaim reimburse.  kamu bisa mengajukan klaim dan mengumpulkan dokumen dari rumah sakit yang diminta oleh perusahaan asuransi. namun, beberapa perusahaan asuransi menyediakan sistem klaim cashless, dimana peserta asuransi kesehatan hanya perlu menunjukkan kartu keanggotaan  kepada Rumah Sakit rekanan. keuntungan dari sistem cashless ini, kamu tidak perlu membayar tagihan Rumah Sakit terlebih dahulu karena  pihak perusahaan asuransi akan langsung membayar kepada Rumah Sakit rekanan.

Jadi, Manakah yang Lebih Penting?

Tergantung pada kebutuhan kamu. Jika kamu sebagai pencari nafkah utama keluarga, maka asuransi jiwa menjadi sangat penting. Pada sisi lainnya, asuransi kesehatan itu penting bagi semua orang, karena kamu tidak dapat memprediksi kapan kamu akan jatuh sakit.

Yang paling penting adalah kamu memilih produk asuransi jiwa dan kesehatan yang tepat. pastikan kamu sudah membaca polisnya dan memilih asuransi yang manfaatnya sudah sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan My Hospital dengan harga premi bulanan yang terjangkau serta manfaat yang optimal, kamu bisa mengecek asuransi online Super You by Sequis Online. Dengan premi mulai dari Rp30.000 saja perbulan, kamu bisa melindungi diri kamu dan keluarga. Jadi tunggu apalagi? Yuk, cek produknya segera!