Kesehatan

Berikut Penyebab Keluarnya Flek Coklat Saat Hamil

Berikut Penyebab Keluarnya Flek Coklat Saat Hamil

Ngeflek, biasanya akan sering sekali mendengar istilah ini. Flek ini warnanya bisa merah mudah, merah merona sampai dengan merah tua. Flek pendarahan saat hamil merupakan sebuah pendarahan yang terjadi di vagina atau serviks, ini kondisi normal akan tetapi jangan di sepelekan juga jika fleks bunda jumlahnya banyak, tidak berhenti berhenti apalagi disertai dengan gejala lain seperti terasa kram pada bagian perut dan lainya.

Sedangkan pada awal kehamilan flek ini banyak terjadi, ini normalnya menandakan akan terjadi pembuahan di dalam rahim karena sel telur sudah sampai ke rahim dan bunda akan hamil tentu saja, kondisi ini tentu bukan membuat khawatir melainkan bahagian bukan ?

Berbagai Penyebab Flek Coklat saat Hamil

  1. Pendarahan ringan

Pendarahan ringan sendiri terjadi berupa keluarnya bercak berwarana coklat dari vagina dengan jumlah yang tidak banyak. Biasanya akan hilang begitu saja dan berlangsung tidak lama memang.

  1. Iritasi serviks

Iritasi pada bagian serviks seperti yang sudah kami jelaskan diatas juga bisa terjadi, kondisi ini karena adanya perubahan hormon pada bunda yang sedang hamil muda.

  1. Tanda-tanda mau melahirkan

Umumnya juga bagi bunda yang sudah berumur misalkan 30an tahun kemudian hamil lagi, dan masa masa HPL kemudian keluar bercak merah atau fleks ini artinya bisa jadi bunda akan melahirkan saat itu juga.

Namun ada juga jenis flek yang berbahaya bisa jadi disebabkan oleh kehamilan ektopik misalkan. Beberapa gejala tambahan yang bunda rasakan dibawah ini kami rasa sudah saatnya konsultasi ke dokter kandungan, apa saja gejala lain itu ?

  • Terjadi flek disertai dengan rasa pusing yang terus menerus
  • Terjadi flek disertai dengan rasa Nyeri pada bagian bahu
  • Terjadi flek disertai dengan kehilangan tenaga sampai bunda lemas
  • Terjadi flek disertai dengan rasa nyeri perut atau panggul yang terus berulang
  • Terjadi flek disertai dengan kondisi kulit yang terlihat pucat
  • Terjadi flek disertai dengan rasa sakit saat buang air
  • Terjadi flek disertai dengan diare
  • Terjadi flek disertai dengan rasa pusing kemudian juga bisa jadi pingsan.
  1. Keguguran

Kemudian flek juga bisa jadi karena kondisi lain seperti keguguran muda, dimana ini akan menandakan terjadinya flek atau pendarahan dan kejadianya berlangsung selama masa awal kehamilan.

Fleks yang menandakan keguguran ini akan selalu di sertai dengan gangguan lain, sedangkan kalau tidak ada keluhan lain maka itu masih tergolong fleks normal.

Beberapa keluhan lain selain fleks yang menandakan jika terjadi keguguran misalkan:

  • Merasakan kram dan nyeri perut
  • Bunda akan merasakan nyeri pada bagian punggung bagian bawah
  • Keluar darah dengan warna merah jumlahnya sangat banyak dan tidak berhenti berhenti
  • Keluarnya darah berupa gumpalan

Kendati memang flek ini adalah sebuah kondisi normal yang umum di temui pada saat awal kehamilan namun kami sarankan jika ada keluhan lain seperti yang sudah kami jelaskan diatas seperti pusing, nyeri dan lain sebagainya alangkah baiknya bunda secepat mungkin periksa di dokter kandungan untuk jawaban yang pasti dan meyakinkan.