Parenting

5 Cara Membatasi Konsumsi Gula pada Anak

5 Cara Membatasi Konsumsi Gula pada Anak

Anak membutuhkan asupan nutrisi yang komplit sekaligus seimbang. Salah satu cara untuk memenuhinya adalah lewat pemberian susu formula. Produk susu Nutrilon-Royal menjadi kepercayaan banyak orangtua untuk memenuhi gizi sang buah hati. Ditambah ada promo diskon Nutrilon-Royal yang akan membuat orangtua bisa belanja lebih hemat.

Membatasi Gula pada Anak

Pemberian susu formula yang tidak dikontrol ternyata bisa menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Berikut ada 5 langkah efektif yang mampu membantu membatasi asupan gula pada tubuh anak.

1.     Batasi Makanan Kemasan

Kadar gula pada tubuh anak bisa dikendalikan lewat pemberian menu makan yang tepat. Pastikan untuk membatasi pemberian makanan kemasan yang tinggi gula. Lebih baik biasakan si kecil mengonsumsi makanan maupun camilan olahan rumah dengan bahan-bahan yang aman.

2.     Pilih Produk Susu yang Tepat

Susu formula juga sangat berpotensi menaikkan kadar gula darah apabila konsumsinya tidak dikontrol. Pilih produk susu yang tepat dan berikan sesuai dosis yang dianjurkan. Anda bisa memberi si kecil susu Nutrilon-Royal dengan takaran sesuai keterangan yang tertulis di kemasan. Jangan lupa, manfaatkan program promo diskon Nutrilon-Royal agar belanja susu formula jadi lebih terjangkau.

3.     Sajikan Makanan Porsi Kecil

Mengatur dan mengendalikan pola makan anak juga sangat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh selalu stabil. Saat memberikan camilan manis untuk si kecil, lebih baik disajikan dalam porsi yang kecil.

Ajarkan anak untuk makan camilan manis sesuai porsi yang Anda berikan. Langkah ini akan membantu membuat si kecil terbiasa untuk makan makanan manis dalam porsi terbatas.

4.     Batasi Pemakaian Gula

Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak gula saat memasak makanan untuk buah hati tercinta. Penambahan gula pada makanan harus dilakukan sesuai dengan dosis normal yang dianjurkan. Apalagi untuk jenis makanan harian yang sebaiknya rendah gula agar tidak membahayakan kondisi kesehatan anak. Tentu jauh lebih baik jika Anda menambahkan pemanis dari bahan yang alami.

5.     Hati-Hati Konsumsi Jus Buah

Sebagian besar orang mungkin berpendapat bahwa jus buah adalah minuman sehat yang aman dikonsumsi anak. Padahal perlu diketahui bahwa jus buah bisa membuat kadar gula dalam darah meningkat.

Penggunaan gula pada jus buah sangat tidak dianjurkan bagi tubuh anak. Jika ingin memberikan jus buah, akan jauh lebih baik jika minuman ini dibuat sendiri di rumah tanpa pemanis yang berlebihan.

Itulah 5 cara efektif untuk mengontrol asupan gula pada anak. Orangtua harus lebih tegas dan disiplin agar anak tidak terbiasa berlebihan mengonsumsi makanan yang manis. Anda bisa mempelajari beragam ilmu parenting lainnya yang berhubungan dengan pola makan si kecil. Pastikan anak mendapat gizi seimbang tanpa membahayakan kondisi kesehatan tubuhnya.